6 Kesamaan Lovely Runner dan Marry My Husband, Keduanya Populer! (2024)

Follow IDN Times untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Drakor populer biasanya tayang pada weekend, yakni Sabtu dan Minggu. Namun, ada dua drakor tvN di tahun 2024 yang tetap populer dan meraih rating stabil meski tayang di slot hari Senin dan Selasa. Kedua drakor ini adalah Lovely Runner dan Marry My Husband.

Popularitas kedua drakor ini bukan hanya di negara asalnya, tapi juga mancanegara, termasuk Indonesia. Menariknya, kedua drakor ini bergenre fantasi romcom dan bertema time slip. Lovely Runner dan Marry My Husband juga punya beberapa kesamaan lain. Apa saja?

1. Konsep time slip yang mirip

6 Kesamaan Lovely Runner dan Marry My Husband, Keduanya Populer! (1)Kim Hye Yoon di Lovely Runner (twitter.com/CJnDrama)

Konsep time slip yang dipakai dalam cerita Lovely Runner ternyata punya kemiripan dengan drakor Marry My Husband. Tokoh utama di kedua drakor ini time slip ke masa lalu dan hanya jiwanya yang pergi sehingga bisa mereset kejadian lampau dan mengubah timeline awal.

Di Lovely Runner, Im Sol (Kim Hye Yoon) pergi dari tahun 2023 ke 2008 saat ia SMA dan 2009 saat kuliah. sem*ntara itu, Kang Ji Won (Park Min Young) kembali ke 2013 setelah meninggal di tahun 2023. Meski mirip, perjalanan waktu kedua karakter ini berbeda sebab Im Sol beberapa kali bolak-balik masa lalu dan masa kini sedangkan Kang Ji Won hanya sekali time slip.

2.Sama-sama adaptasi dari web novel yang punya versi webtun

6 Kesamaan Lovely Runner dan Marry My Husband, Keduanya Populer! (2)Park Min Young di Marry My Husband (twitter.com/CJnDrama)

Kesamaan lain dari Lovely Runner dan Marry My Husband adalah keduanya sama-sama diadaptasi dari web novel populer. Menariknya, web novel ini juga dibuat dalam versi webtun. Lovely Runner diadaptasi dari tulisan Kim Bbang yang berjudul "The Best of Tomorrow". Di sisi lain, Marry My Husband merupakan adaptasi dari web novel berjudul sama karya Sung So Jak.

3.Ada satu lagu yang berperan penting bagi alur cerita

6 Kesamaan Lovely Runner dan Marry My Husband, Keduanya Populer! (3)Byeon Woo Seok di Lovely Runner (twitter.com/CJnDrama)

Lagu "Sonagi" atau "Sudden Shower" bukan hanya OST populer dari drakor Lovely Runner. Lagu ini juga berperan penting dalam alur dan konflik cerita. Ryu Sun Jae (Byeon Woo Seok) dikisahkan menciptakan lagu ini untuk cinta pertamanya, Im Sol. Lagu ini yang berjasa membuatnya sadar bahwa gadis itu datang dari masa depan di episode 10. Selain itu, lagu ini membantu kembalinya ingatan Ryu Sun Jae tentang timeline sebelumnya di episode 15.

sem*ntara itu, di Marry My Husband cukup berbeda, tapi tetap ada kemiripan. Di drakor ini, memang gak ada OST yang memegang peran khusus dalam cerita. Meski begitu, ada satu lagu yang berperan penting. Lagu tersebut adalah "Spring Day" dari BTS. Lagu kesukaan Kang Ji Won ini dirilis pada 2017, sem*ntara latar drakor Marry My Husband adalah tahun 2013 saat BTS baru debut. Lagu ini jadi kunci Kang Ji Won dan Yoo Ji Hyuk (Na In Woo) tahu mereka sama-sama time traveler.

4. Sang tokoh utama pria jadi secret admirer belasan tahun

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Penjelasan Ending Lovely Runner, Sun Jae-Im Sol Benaran Nikah?
  • Apakah Akan Ada Lovely Runner Season 2?
  • Lirik dan Makna Lagu KING KONG dari TREASURE

6 Kesamaan Lovely Runner dan Marry My Husband, Keduanya Populer! (4)Na In Woo di Marry My Husband (dok. tvN/Marry My Husband)

Kisah cinta yang dibahas di Lovely Runner dan Marry My Husband punya satu hal yang mirip, yakni kedua tokoh utama pria sempat jadi secret admirer selama belasan tahun di timeline pertama. Padahal keduanya sama-sama tulus, green flag, bucin, sukses, setia, dan tajir. Untungnya, cinta mereka berbalas di timeline kedua setelah time slip terjadi.

Di Lovely Runner, Ryu Sun Jae jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat Im Sol di tahun 2008. Namun, gadis itu gak menyadari keberadaannya maupun perasaannya. Bahkan di timeline pertama, Ryu Sun Jae menyimpan perasaan bersalah mendalam karena merasa terlambat menyelamatkan Im Sol yang diculik. Gadis itu lalu ditabrak pelaku penculikan dan pembunuhan sehingga jadi lumpuh.

Dalam Marry My Husband, Yoo Ji Hyuk ternyata satu kampus dengan Kang Ji Won. Ia juga jatuh cinta pada pandangan pertama. Sayangnya, gadis itu gak menyadari kehadirannya. Apalagi seperti Ryu Sun Jae, Yoo Ji Hyuk saat itu gak berani PDKT. Di timeline awal, Yoo Ji Hyuk juga menyimpan perasaan bersalah sebab Kang Ji Won mengalami nasib tragis. Kang Ji Won menikahi pria toksik yang akhirnya membuat gadis itu terbunuh.

Baca Juga: 5 Insight Parenting dari Ayah Ryu Sun Jae di Drakor Lovely Runner

5. Takdir kematian gak bisa dicegah, melainkan digantikan

6 Kesamaan Lovely Runner dan Marry My Husband, Keduanya Populer! (5)Na In Woo dan Park Min Young di Marry My Husband (dok. tvN/Marry My Husband)

Tujuan utama dari perjalanan waktu di kedua drakor ini adalah mencegah terjadinya tragedi masa lalu, termasuk kematian. Menariknya, takdir ini gak bisa dicegah, tapi digantikan oleh orang lain. Di Marry My Husband, Kang Ji Won menghindari kematian setelah Park Min Hwan (Lee Yi Kyung), suaminya yang toksik di timeline pertama, meninggal. Yoo Ji Hyuk pun tetap hidup setelah mantan tunangannya yang jahat yang meninggal menggantikannya.

sem*ntara itu, dalam Lovely Runner, konsep mengenai takdir kematian ini terjadi di episode 16. Kim Young Soo (Heo Hyeong Gyu) yang merupakan psikopat yang membunuh Ryu Sun Jae dan menculik Im Sol di tiga timeline, berakhir meninggal. Ia mengalami kematian mirip dengan Ryu Sun Jae di timeline sebelumnya. Ia tewas tertabrak truk sampah lalu tubuhnya jatuh ke sungai. Karena Kim Young Soo meninggal, siklus time slip Im Sol berhenti sebab Ryu Sun Jae dipastikan selamat.

6. Kedua couple berakhir happy ending hingga menikah

6 Kesamaan Lovely Runner dan Marry My Husband, Keduanya Populer! (6)Byeon Woo Seok dan Kim Hye Yoon di Lovely Runner (dok. tvN/Lovely Runner)

Episode terakhir dari dua drakor ini menyajikan happy ending yang bikin penonton puas. Di ending Lovely Runner, Ryu Sun Jae melamar Im Sol dengan cara simpel, tapi romantis. Saat mereka ciuman, keduanya secara bersamaan melihat vision mengenai acara pernikahan mereka. sem*ntara itu, ending Marry My Husband lebih lengkap lagi. Yoo Ji Hyuk dan Kang Ji Won menggelar pernikahan megah. Setahun kemudian, mereka punya dua anak kembar. Pasangan ini juga memiliki anak ketiga beberapa tahun setelahnya.

Di paruh pertama tahun 2024, Lovely Runner dan Marry My Husband menjadi dua drakor yang sama-sama sukses besar meski tayang bukan di slot prime time. Uniknya, kedua drakor ini ternyata punya banyak kesamaan. Kamu ngikutin drakor yang mana dari kedua judul ini?

Baca Juga: 15 Scene Romantis Ryu Sun Jae dan Im Sol di Ending Lovely Runner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

6 Kesamaan Lovely Runner dan Marry My Husband, Keduanya Populer! (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Kerri Lueilwitz

Last Updated:

Views: 6116

Rating: 4.7 / 5 (67 voted)

Reviews: 82% of readers found this page helpful

Author information

Name: Kerri Lueilwitz

Birthday: 1992-10-31

Address: Suite 878 3699 Chantelle Roads, Colebury, NC 68599

Phone: +6111989609516

Job: Chief Farming Manager

Hobby: Mycology, Stone skipping, Dowsing, Whittling, Taxidermy, Sand art, Roller skating

Introduction: My name is Kerri Lueilwitz, I am a courageous, gentle, quaint, thankful, outstanding, brave, vast person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.